MOHON MAAF

"Bagi sobat yang ingin copas, mohon maaf sekali karna untuk sementara blog dalam perbaikan jadi tidak diizinkan untuk di Copy"

Kamis, 18 April 2013

Paronychia

Paronychia atau cantengan adalah infeksi kulit yang umum yang berkembang di sekitar kuku atau kuku jari kaki. Kondisi ini dapat akut (mulai yaitu tiba-tiba) atau kronis (yaitu mulai secara bertahap).

Wanita dewasa dan orang yang sering bekerja dengan tangan tetap lembab seperti pada pengolah makanan paling empuk jadi sasaran cantengan kuku.

Cantengan atau paronychia adalah peradangan pada daerah jari tangan atau kaki yang dapat terjadi dalam jangka pendek (akut) atau mungkin jangka panjang atau dapat kambuh kembali (kronis).

Selain infeksi bakteri, cantengan juga dapat disebabkan oleh herpes, sejenis infeksi virus.

Cantengan akut dapat terjadi pada usia berapapun namun terutama sering terjadi pada anak. Viral paronychia lebih sering terjadi pada orang dewasa dan dapat terlihat dari infeksi herpes genital, atau pada orang yang bekerja dalam industri perawatan kesehatan.

Jenis infeksi kuku semakin diperparah dengan penambahan infeksi jamur, umumnya disebabkan oleh jenis ragi yang disebut Candida, atau infeksi bakteri, dan ini dapat mengakibatkan pertumbuhan kuku tidak normal.

Klasifikasi
1. Akut
Sisi kuku (proximal nail fold) terlihat merah, bengkak, sakit, dan mungkin berisi nanah. Biasanya hanya satu kuku yang terkena.

2. Kronis
Sisi kuku bengkak, merah, dan tidak memiliki kutikula (strip kulit mengeras di dasar dan di sisi kuku tangan atau kaki). Bisa terjadi pada satu atau lebih kuku.

Jika terkena paronychia akut, cobalah merendam kuku dalam air hangat, dan hindari air dan bahan kimia untuk mencegah gejala paronychia kronis.

1. Hindari menggigit kuku
2. Pakailah sarung tangan karet jika hindak memgang benda atau melakukan pekerjaan yang berpotensi menimbulkan trauma.
3. Sering Cuci tangan, terutama setelah bekerja di tanah, pertukangan, atau pekerjaan di mana tangan Anda menjadi kotor dan memiliki potensi untuk luka dan goresan.
4. Setiap manipulasi kuku (menggunting kuku), seperti manicuring, mengisap jari, atau mencoba untuk menoreh dan mengeringkan lesi, harus dihindari, ini manipulasi dapat menyebabkan infeksi bakteri sekunder.Untuk pengobatan, biasanya dilakukan hal-hal sebagai berikut:

Gunakan antibiotik untuk infeksi atau obat anti jamur untuk infeksi herpes.
Paronychia kronis
Steroid topikal
Obat anti jamur topikal
Obat oral anti jamur atau antibiotik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar